Tips Menata Ruang Makan Keluarga

Image: robesondesign.com
177

Banyak pemilik rumah yang tidak terlalu memperhatikan ruang makan saat mereka membeli suatu rumah. Padahal, Ruang makan bisa menjadi tempat untuk berkumpulnya keluarga. Jangan sampai hilang momen bercengkrama dengan keluarga dengan membaca informasi cara menata ruang makan di bawah ini.

Beberapa tips yang diberikan sangat berkaitan dengan desain ruang makan. Tentu hal ini sangat ditentukan saat awal membangun rumah atau ruangan anda. Tetapi, dalam beberapa hal, dapat disesuaikan kemudian.

1. Tips Dasar Menata Ruang Makan

Ruang makan merupakan salah satu tempat yang harus pemilik rumah perhatikan dengan baik-baik. Pastikan pemilik rumah menempatkan ruang makan di tempat yang strategis. Selain sebagai tempat makan, ruang makan dapat dijadikan tempat berkumpul anggota keluarga. Ada beberapa tips dasar yang harus diperhatikan oleh pemilik rumah dalam menata ruang makan

  • Pastikan Cahaya Ruangan Tercukupi

Setiap orang akan senang jika rumah mereka memiliki pencahayaan yang bagus. Pencahayaan yang bagus akan menunjang setiap anggota keluarga untuk beraktifitas dan hal tersebut juga berlaku di ruang makan.

Banyak pemilik rumah yang senang menggunakan lampu gantung tunggal sebagai sumber cahaya di ruang makan. Selain memberikan kesan yang menarik, penggunaan lampu gantung di ruang makan menambah suasana elegan ruang makan Anda.

Namun, penggunaan lampu gantung tunggal di ruang makan belumlah cukup. Kami menyarankan agar pemilik rumah menggunakan anak lampu dengan jumlah yang cukup dan banyak agar menambah sumber pencahayaan ruang makan.

Menggunakan lampu led yang terang juga sangat disarankan. Pilih model yang unik dan artistik untuk menambah kesan yang menarik di ruang makan.

Pemilihan lampu ruang makan desain minimalis
Memilih desain lampu ruang makan sangat menentukan pencahayaan dan keindahan ruangan secara keseluruhan
  • Perbanyak Buffet atau Tableware

Tableware adalah media penyimpanan yang dapat digunakan untuk menyimpan berbagai macam perkakas makan seperti, gelas, piring, sendok dan lain-lain. Tapi pemilik rumah juga harus memperhatikan lahan atau space yang tersisa di ruang makan. Jika masih ada banyak ruang sisa, kami sarankan untuk memperbanyak buffet atau tableware di ruang makan Anda.

Tubleware sebagai dekorasi ruang makan sederhana
Tubleware sebagai dekorasi ruang makan sederhana, Image: charlotteappliance.com
  • Perhatikan Pemilihan Desain Meja Makan dan Kursi

Meja makan dan kursi merupakan perabotan penting di ruang makan. Pemilihan meja makan juga harus diperhatikan oleh pemilik rumah. Pasti pembaca bertanya-tanya kriteria terpenting dalam memilih meja makan. Menyesuaikan luas dan ruang yang tersisa dengan meja makan adalah cara terbaik yang akan membuat ruang makan menjadi lebih baik dan enak dipandang.

Perhatikan pula dalam memilih corak pada meja makan dan kursi. Jika pemilik rumah sudah menentukan untuk menerapkan gaya minimalis, jangan sekali-kali menggunakan meja dan kursi dengan corak yang lain. Hal tersebut akan “membunuh” keindahan dari ruang makan.

Meja makan sederhana untuk ruang makan minimalis

Hal penting juga adalah teliti dalam memilih jenis bahan meja makan. Jenis meja makan berdasarkan bahannya terdiri dari meja makan kayu, meja makan bahan plastik, bahan aluminium, dan perpaduan kayu dan kaca. Tak kalah menarik adalah perpaduan bahan kayu dengan marmer atau keramik di permukaan atas.

Setiap jenis meja makan mempengaruhi estetis dari ruang makan yang ada. Jika menginginkan kesan modern, anda bisa menggunakan bahan kaca. Untuk tampilan estetis dan rustic, bahan kayu tampaknya akan cocok.

2. Pilihan Desain Ruang Makan yang Beragam

Pada dasarnya banyak pilihan yang bisa pemilik rumah terapkan dalam menata ruang makan. Pada awal abad ke 20, banyak pemilik rumah saat itu menata ruang makan dengan konsep minimalis.

Pada saat itu, pemilik rumah lebih menekankan pada unsur ornamen serta dekorasi. Jika pembaca pernah pergi ke rumah adat jawa pada jaman dahulu, banyak ornamen seperti foto keluarga yang terpampang di dinding ruang makan.

Tips Menata Ruang Makan Keluarga Dekorasi meja makan yang indah dan pencahayaan ruangan dengan lampu gantung
Image: robesondesign.com

Seiring dengan berkembangnya jaman, banyak pemilik rumah yang terpengaruh oleh berbagai informasi dari luar. Dengan kata lain, banyak pembeli rumah yang mencoba untuk mengikuti trend atau gaya dekorasi dari luar negeri.

Misalnya, desain ruang makan menjadi satu dengan dapur, desain ruang makan menjadi satu dengan ruang keluarga dan ruang makan, atau menyatukan ketiganya merupakan contoh dari trend atau gaya yang ada di Eropa dan Amerika.

Pembaca pasti penasaran dan ingin tahu informasi atau tips-tips mengenai menata ruangan dengan berbagai gaya baik dari luar negeri maupun tradisional Indonesia.

A. Menata Ruang Makan dan Ruang Keluarga di Satu Area

Para pembaca akan merasa aneh jika menyatukan fungsi ruang makan dan keluarga. Apalagi budaya masyarakat indonesia yang tidak senang mengedepankan ruang makan sebagai ruangan inti. Namun, bagi para pemilik rumah yang tidak memiliki lahan atau space yang luas, mereka perlu melakukan siasat yang benar untuk mendapatkan fungsi maksimal di rumah mereka.

Banyak pemilik rumah yang harus pintar menggunakan area lahan atau space yang sempit dengan cara menyatukan ruang makan dan ruang keluarga dalam satu area atau berdampingan. Pemilik rumah tetap akan mendapatkan kenyamanan dan kepuasaan asalkan mereka pintar mengatur dan menyatukan berbagai elemen interior rumah mereka sendiri.

Desain ruang makan menyatu dengan ruang keluarga
Image: Deavita.fr

Selain elemen interior, ada beberapa faktor yang harus pemilik rumah perhatikan. Berikut ini beberapa tipsnya:

  • Luas Ruangan

Faktor ini akan sedikit menuntut hal yang lumayan berat. Pastikan pemilik rumah memilih ruangan yang paling luas di rumah mereka sebagai pilihan dalam menyatukan ruang makan dan keluarga. Dengan begitu, pemilik rumah mendapatkan fungsi dari ruang tamu dan ruang keluarga secara baik.

Selain itu, pemilik rumah juga harus memperhatikan akses ruangan yang baik. Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa nyaman dan keleluasaan bagi anggota keluarga saat akan menuju ke dua ruangan tersebut.

  • Komposisi Warna Cat Ruangan

Saat calon pemilik rumah memiliki rencana untuk menyatukan ruang makan dan keluarga, pastikan kalian untuk  menselaraskan warna cat kedua ruangan tersebut. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesinambungan dari dua ruangan tersebut.

Kami menyarankan agar pemilik rumah tidak mewarnai dinding mereka dengan cat yang berbeda. Dengan kata lain, pemilik rumah mewarnai kedua ruangan dengan satu cat yang sama.

Namun, jika pemilik rumah tetap ingin menerapkan cat yang berbeda di kedua ruangan, akan lebih baik jika menyatukan warna dua ruangan dengan material penutup lantai dengan tipe dan warna yang sama.

  • Elemen Dekoratif

Tidak hanya menselaraskan warna cat ruangan, pemilik rumah juga harus menselaraskan elemen dekorasi pada ruangan makan dan ruang keluarga. Dengan menyamakan warna, corak dan desain, pemilik rumah sudah mempercantik kedua ruangan tersebut.

B. Menata Ruang Makan dan Ruang Dapur di Satu Area

Jika pembaca merasa aneh menyatukan ruang makan dengan ruang keluarga, menggabungkan ruang makan dan dapur dalam satu area yang sama sudah menjadi hal yang biasa atau lumrah bagi masyarakat indonesia. Oleh sebab itu, baca tips-tips yang harus diperhatikan berikut ini.

  • Menentukan Kitchen Set

Saat akan menggabungkan ruang makan dan dapur, pemilik rumah harus tahu seberapa besar kitchen set yang akan digunakan di dapur anda. Pemilik rumah juga harus pintar melihat besar atau kecil dari ruangan dapur kalian. Jika sisa ruangan sedikit gunakan kitchen set model atau single.

  • Menjaga Sirkulasi Kedua Ruangan

Sirkulasi udara adalah kunci agar setiap anggota keluarga merasa betah di kedua ruangan tersebut. Biasanya saat salah satu anggota keluarga sedang memasak dan menimbulkan bau yang menyengat seperti terasi, hal itu dapat mengganggu aktifitas di ruang makan. Solusi terbaika adalah dengan menambahkan jendela di dekat dapur agar terjaga sirkulasi udaranya.

  • Pemilihan Meja dan Kursi Makan

Pemilihan meja dan kursi makan yang sesuai akan membantu mengatasi rasa sesak dan penuh yang ada di dapur. Meja makan yang tinggi akan memberikan rasa yang lebih baik dan berbeda dari meja makan pada umumnya.

Desain ruang tamu menyatu dengan dapur

Ruang makan adalah alternatif terbaik untuk bercengkrama selain ruang keluarga. Semoga wawasan kita menjadi lebih luas dengan membaca beberapa tips yang telah diuraikan di atas. Tunggu apalagi, segera tentukan desain ruang makan terbaik anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.