Tips Memilih Model Tiang Teras Rumah Mewah

446

Teras merupakan bagian rumah yang memiliki peranan yang lumayan pernting bagi pemiliknya. Tidak hanya menjadi penghubung antara area luar dan dalam rumah, area ini juga menjadi ruang bersantai yang wajib menawarkan rasa nyaman.

Tak kalah pentingnya juga, teras juga menjadi penentu kesan pertama pada sebuah rumah. Maka, teras harus direncanakan dengan detail, salah satunya mengenai pemilihan tiang teras untuk rumah mewah. Apa sajakah tipsnya?

1. Pilih Batu Alam untuk Rumah Mewah Minimalis

Batu alam dinilai sangat baik sebagai salah satu material bangunan karena ketahanannya yang sangat panjang. Batu alam memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap perubahan cuaca yang terbilang ekstrim dan juga tahan air. Melihat kualitas batu ala mini, cocok rasanya apabila kita memilih batu alam sebagai salah satu material untuk tiang teras rumah mewah minimalis kita.

Selain ketahanan tersebut, penggunaan batu alam juga menguntungkan karena kita tidak perlu mengecat tiang teras atau  menambahkan warna lainnya karena warna alami dari batu alam tersebut sudah sangat menarik dan juga unik. Tanpa sentuhan apapun, warna batu alam sudah bisa mempercantik tampilan teras kita.

Model tiang teras rumah mewah

Salah satu contoh penggunaan batu alam sebagai material tiang teras rumah mewah kita adalah dengan menggunakan desain mountain style. Desain ini berupa gunung sejajar yang menyangga atap dari teras kita. Untuk membuat desain ini, batu alam hanya perlu disusun sampai semua batu membentuk trapesium yang berdimensi.

Dengan tampilan tiang seperti ini, hunian kita akan berubah menjadi rumah dengan teras bergaya klasik, dinamis, berkarakter, unik, dan lengkap dengan sentuhan pedesaan. Tambahkan beberapa sentuhan kayu di area teras agar konsep minimalis makin terlihat.

Selain desain mountain style, kita juga bisa menggunakan desain berbentuk persegi. Salah satu kelebihan desain ini adalah kemudahan pemasangannya dengan dimensi yang mudah ditentukan sesuai dengan ukuran teras kita. Penggunaan desain teras macam ini akan lebih menampilkan sisi primitif nan medateranian pada teras kita.

2. Gunakan Tiang Teras Bulat untuk Rumah Mewah nan Modern

Selain desain tiang teras rumah mountain style dan persegi di atas, masih ada bentuk tiang teras rumah yang sangat cocok untuk rumah mewan yang ingin menekankan pada kesan modern. Model tiang satu ini menggunakan desain tiang berbentuk bulat. Penggunaan desain tiang ini akan membuat tampilan rumah tidak hanya menjadi modern, namun juga kontemporer, dengan beberapa sentuhan desain arsitektur ala-ala Cina dan European.

Desain tiang teras bulat untuk rumah mewah

Bagi para pemilik rumah yang menyukai desain kontemporer, desain tiang teras ini memanglah sangat cocok. Akan tetapi, pemilik rumah harus bersiap-siap dengan budget yang sedikit lebih mahal. Harga tiang teras rumah berbentuk bulat dengan material batu alam dipatok mulai dari Rp 450.000. Harga tersebut adalah harga minimal setelah tiang diberi finishing tertentu. Apabila menghendaki finishing atau penambahan detail lainnya, bisa jadi harga tiang lebih  mahal lagi.

Walaupun lebih mahal, tiang berbentuk bulat ini sangat menekankan kesan mewah nan modern pada hunian kita. Untuk menambahkan kesan unik pada desain teras, kita bisa menambahkan detail arsitektural lain pada tiang. Desain tiang teras rumah ini tidak hanya cocok untuk rumah mewah yang besar. Tiang teras dengan desain bulat ini juga cocok untuk rumah-rumah mewah yang minimalis.

3. Gunakan Model Tiang Teras Dua untuk Rumah Mewah Berlantai Dua

Bingung dengan desain tiang teras untuk rumah mewah yang didesain berlantai dua? Jangan khawatir! Gunakan saja model tiang teras 2 mdoern. Desain tiang teras ini sedikit berbeda dari model tiang teras untuk rumah mewah berlantai satu. Model tiang teras ini mampu menyanggu dua ruang santai yang berbeda, yaitu teras itu sendiri yang berada di lantai dasar dan juga pergola atau balkon yang ada di lantai dua.

Material yang diperlukan untuk desain tiang teras ini sudah tentu batu alam. Penggunaan batu alam tidak lagi menjadi pertanyaan dan menimbulkan keraguan karena kekuatannya dan ketahannya menahan beban yang berat seperti material atap. Selain itu, batu alam juga sudah terbukti memiliki ketahanan jangka panjang. Jadi, pemilihan batu alam untuk desain tiang teras rumah kali ini sangatlah tepat.

Model tiang teras rumah mewah lantai dua

Walaupun material utama desain tiang teras rumah ini adalah batu alam, tidak berarti kita tidak bisa mengkombinasikan bahan bangunannya dengan material lain. Kita tentu bisa mengkombinasikan model dan desain tiang teras dua lantai yang modern ini dengan material-material seperti beton dan kayu. Kombinasi bahan bangunan ini tentu sangat tergantung pada konsep rumah yang kita inginkan. Pastikan perpaduan bahan bangunan ini selaras dan tetap dalam harmoni yang bagus.

Salah satu contoh memadukan material bahan bangunan yang berbeda untuk desain tiang terads dua lantai ini adalah dengan menggunakan tiang rumah dengan material batua alam sampai dengan lantai dua. Kemudian, kita bisa menggabungkannya dengan tiang dari teras rumah kita yang dibuat dengan bahan beton atau kayu pada bagian pergola atau balkonnya di lantai dua.

Dengan perpaduan material bahan bangunann yang berbeda ini, kita bisa memperlihatkan sebuah desain eksterior rumah yang kontras dan juga indah. Selain itu, dengan perpaduan ini, kita juga bisa membuat tampilan lantai dua rumah kita lebih dinamis.

4. Padukan Beberapa Unsur Selain Perkerasan untuk Teras yang Klasik dan Mewah

Apabila kita merasa bosan dengan penggunaan beton atau bahan material perkerasan lainnya untuk rumah kita, kita bisa meninggalkan bahan bangunan itu dan beralih pada perpaduan beberapa unsur seperti unsur kayu, air dan tanaman. Perpaduan unsur-unsur ini memang terbilang jarang digunakan dan dipilih. Namun, kesan elegan, klasik, nan mewah selalu bisa ditampilkan oleh unsur-unsur alam ini.

Memadukan beberapa unsur alam ini tidak hanya unik, namun juga memperlihatkan dan menekankan sisi arsitektural yang penuh estetika dan penuh akan fungsi keindahan. Akan tetapi, pemilik rumah yang tertarik dengan penggunaan unsur-unsur alam ini harus paham bagaimana cara memadukan elemen-elemen ini agar kesemua elemennya bisa saling mendukung dan juga bisa menonjolkan ciri khas masing-masing.

Tiang teras rumah mewah dari kayu yang indah dan menarik

Elemen-elemen ala mini pun bisa menjadi bahan bangunan yang menarik untuk desain tiang teras rumah  mewah kita. Kita bisa menggunakan batu alam untuk desain tiang teras rumah dan kemudian menambahkan sebuah kolam yang lengkap dengan gemericik airnya yang mengalir lembut di antara tanaman-tanaman pakis. Perpaduan elemen-elemen alam ini tentu akan menciptakan suasana teras yang berbeda. Tidak hanya unik dan berkarakter, namun juga tenang, dan menyejukkan.

Mendesain teras tidak boleh asal-asalan, terutama dalam pemilihan tiangnya. Sebelum menentukan desain tiang teras yang cocok, kita harus memastikan kesan, suasana, dan karakter seperti apa yang ingin kita tonjolkan dari teras rumah mewah kita.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.