Tips Memilih Keramik Teras Depan Rumah Minimalis

1,679

Teras merupakan bagian rumah yang pertama kali diperhatikan orang lain. Tak heran teras kemudian menjadi paras rumah. Teras juga merupakan area penghubung area dalam rumah dengan area luar. Maka, pembuatan teras haruslah direncanakan dengan baik.

Salah satu aspek penting yang perlu dipertimbangkan baik-baik adalah pemilihan keramik. Bagi para pemilik rumah yang mempunyai rumah minimalis, berikut ini beberapa tips memilih keramik untuk teras:

1. Pilihlah Warna yang Tepat

Pemilihan warna sangat mempengaruhi suasana di suatu tempat, termasuk pemilihan warna keramik di teras depan. Apabila kita menginginkan tampilan dan kesan teras kita lebih fresh, kita bisa memilih warna-warna cerah.

Contoh beberapa warna yang dapat dikombinasikan adalah warna-warna yang mencolok. Beberapa contoh warna yang dimaksud adalah kuning, biru muda, merah  muda, hijau muda, dan warna-warna yang mencolok lainnya.

Agar kombinasi warna-warna tersebut makin cantik dan detail dari teras makin terlihat, padukan warna-warna di atas dengan warna putih. Jenis warna-warna di atas sebenarnya merupakan warna keramik yang terbilang fleksibel atau bisa dipakai pada jenis teras yang sempit maupun yang luas.

Corak cerak keramik teras rumah minimalis

Apabila kita menginginkan tampilan teras depan rumah kita mempunyai kesan modern dan tradisional dalam waktu yang bersamaan, kita bisa memilih keramik dengan warna kuning gading dan atau coklat.

Warna-warna tersebut sangat erat melekat pada identitas teras depan sebuah rumah tradisional. Pengaplikasian warna-warna ini pada teras depan rumah minimalis tentu akan membuat desain teras menjadi luar biasa.

Tips berikutnya dari memilih warna yang tepat bagi teras adalah dengan memadukan warna keramik dengan warna yang ada di tembok sekitar teras dan juga properti yang ada. Memadukan warna ini tentu sangat penting demi terciptanya harmoni antara tembok, keramik, dan properti. Warna yang tidak harmoni justru akan memberikan kesan norak.

2. Pilihlah Corak atau Motif Keramik yang Tepat

Selain warna, kita juga perlu mempertimbangkan dengan hati-hati corak atau motif keramik yang akan dipakai untuk teras depan rumah minimalis kita. Apabila kita tidak mau terlalu direpotkan soal memadupadankan berbagai macam corak atau motif keramik untuk teras, kita bisa meneggunakan pilihan motif yang paling dasar yaitu keramik polos.

Akan tetapi, apabila kita menginginkan tampilan teras yang berbeda dan unik, kita bisa sedikit bermain dengan corak atau motif. Salah satu corak keramik yang bisa kita pilih adalah keramik dengan motif batu alam. Motif keramik jenis ini akan memberikan kesan teras yang segar dan juga natural. Namun, teras depan rumah bisa juga menggunakan motif yang lain.

Pemilihan corak atau motif keramik sangat tergantung pada model atau gaya rumah kita. Selain itu, pemilihan corak atau motif keramik juga harus disesuaikan dengan suasana seperti apa yang kita inginkan di area teras depan rumah kita. Juga, pastikan corak atau motif keramik bisa masuk dalam harmoni keseluruhan warna dan gaya tembok dan properti.

Contoh ide keramik teras depan rumah yang menarik dan populer

3. Pilihlah Tekstur Keramik yang Tepat

Tips ketiga dalam memilih keramik yang tepat untuk teras depan sebuah rumah minimalis adalah menentukan tekstur keramik yang tepat. Tips paling utama dalam pemilihan keramik teras depan adalah memilih keramik dengan permukaan kasar, bertekstur atau berglazur.

Ingat! Keramik yang sedang kita rencanakan ini adalah keramik untuk teras depan rumah, bagian dari rumah kita yang paling sering mendapat paparan sinar matahari, hujan, dan juga efek dari alam lainnya. Pemilihan tekstur keramik yang salah bisa menimbulkan resiko yang tidak main-main bagi anggota keluarga kita.

Keramik untuk teras rumah tekstur kasar agar tidak licin

Maka dari itu, pemilihan tekstur keramik yang kasar tentu sangat penting agar teras depan rumah tidak licin. Dengan begitu, ketika anggota keluarga kita ingin bermain-main di teras depan rumah setelah hujan turun,misalnya, mereka tidak akan muda terpeleset walaupun keramik teras depan dalam keadaan basah.

Keramik dengan tampilan  mengkilap dan berkaca memanglah menarik dan bagus ketika digunakan. Namun, tentu sangatlah bijak untuk tidak memilih jenis permukaan keramik seperti ini karena kita perlu mempertimbangkan faktor keselamatan anggota keluarga kita yang akan sering bermain-main di teras depan rumah kapan saja. Pilihlah keramik yang yang bertekstur kasar namun tetap memberikan kesan terang.

4. Tentukan Ukuran Keramik

Setelah menentukan warna, corak, dan tekstur keramik untuk teras depan rumah, kita masih perlu menentukan ukuran keramik yang tepat. Penentuan ukuran keramik perlu dilakukan dengan seksama karena setiap pemilik rumah pasti mempunyai tipikal teras yang berbeda dan luas lahan yang bermacam-macam pula.

Ukuran keramik yang dipilih haruslah menyesuaikan dengan ukuran lahan yang tersedia untuk teras. Selain itu, pemilihan ukuran keramik yang tepat akan membuat tampilan teras kita lebih lega dan luas.

Pada initinya, panduan dasar untuk memilih ukuran keramik yang tepat adalah memilih ukuran keramik yang kecil untuk teras dengan luas lahan yang sempit. Begitu juga sebaliknya, ukuran keramik yang lebih besar untuk teras dengan luas lahan yang lebar.

Sebagai contoh, kita bisa memilih keramik dengan ukuran 60 x 60 atau 40 x 40 untuk teras yang memiliki lahan yang luas. Sementara itu, apabila lahan untuk teras kita tidak begitu luas, kita sebaiknya memilih keramik yang berukuran 30 x 30.

5. Pilihlah Jenis Keramik yang Sesuai

Tips memilih keramik untuk teras depan rumah minimalis yang juga tak kalah penting adalah memilih jenis keramik yang sesuai. Ingat bahwa keramik yang akan dipilih ini adalah keramik untuk bagian teras depan rumah yang sangat rentan terhadap perubahan cuaca di luar. Maka dari itu, pemilihan keramik yang terbuat dari material yang tangguh terhadap cuaca  yang sering berubah-ubah sangatlah penting.

Perubahan cuaca yang sering terjadi sangat bisa mempengaruhi warna dan juga tekstur keramik. Tentu akan sangat disayangkan warna-warna dan motif cantik yang telah kita pilih untuk keramik teras depan kita menjadi mudah pudar dan tidak menarik lagi karena terkena imbas dari hujan deras yang tiba-tiba berubah menjadi super panas.

Selain itu, akan menjadi sangat disayangkan bahwa uang yang sudah kita keluarkan untuk keramik-keramik yang cantik untuk teras depan rumah kita menjadi sia-sia karena tidak tahan akan perubahan cuaca.

Motif menarik untuk keramik teras rumah minimalis

Pemilihan keramik yang terbuat dari bahan yang tepat untuk kondisi semacam ini sangatlah diperlukan agar keramik dan juga tampilan lantai teras depan rumah kita bisa awet dan tahan lama. Apabila merasa kurang yakin akan jenis keramik yang tepat untuk teras depan, ada baiknya berkonsultasi dengan arsitektur atau kepada petugas toko keramik yang pastinya lebih paham akan jenis keramik yang tepat untuk teras kita.

Pemilihan keramik teras depan rumah kita yang minimalis tidak bisa dianggap main-main. Ada banyak sekali pertimbangan yang tidak boleh dilupakan. Warna, motif, tekstur, ukuran, dan jenis harus dipilih dengan seksama dengan mempertimbangkan segala aspek dan kemungkinan yang terjadi di teras kita.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.