Tips Memilih Ide Model Pagar Rumah Minimalis

357

Rumah minimalis sedang merajai puncak kepopulerannya saat ini. Semakin banyak developer perumahan yang mengedepankan konsep minimalis yang sederhana namun tetap bernilai estetika yang tinggi. Mulai dari pemilihan cat, bentuk, dan tidak ketinggalan pagarnya, haruslah sederhana namun sedap dipandang.

Bagi Anda yang ingin membuat pagar untuk melindungi rumah minimalis Anda, beberapa ide ini bisa dipilih. Pasti ada satu ide yang akan menarik hati Anda.

1. Besi dari Ujung ke Ujung

Rumah minimalis memang identik dengan pemilihan material yang sederhana, dapat ditemukan dengan mudah, dan perawatannya pun mudah. Bagi Anda yang mengutamakan fungsi dan juga perawatan yang mudah, pagar besi bisa menjadi pilihannya.

Anda bisa memilih pagar dengan material besi dari ujung ke ujung yang berarti memungkinkan bukaan yang lebih maksimal. Modelnya beragam, tinggal pilih mana yang Anda suka. Bagi rumah minimalis, pagar vertikal berjarak kecil-kecil yang tidak terlalu tinggi bisa dipilih. Selain karena simple, desain yang satu ini juga ramah karena tidak terkesan seperti mengeksklusifkan diri.

Untuk pemilihan warna, warna hitam tentu saja akan menjadi pilihan utama, terutama jika warna cat rumah minimalisnya juga didominasi oleh warna hitam. Namun, warna hitam pada pagar juga merupakan pilihan yang tepat jika rumah didominasi warna terang karena pagar tersebut bisa dijadikan aksen yang standout.

Desain pagar besi ujung ke ujung untuk rumah minimalis

Selain pagar vertical, Anda juga bisa mencoba bermain dengan pagar horizontal. Pagar besi horizontal akan memberikan kesan yg lebih minimalis karena hanya membutuhkan beberapa pilar besi saja dan terlihat simple. Kecantikan rumah Andapun akan lebih terekspos dengan cara seperti ini.

Untuk warnanya, Anda bisa bermain dengan warna putih. Pagar horizontal berwarna putih akan memberikan kesan bersih dan terang pada rumah Anda. Juga kesan yang lebih ramah karena lebih terang daripada jika berwarna hitam. Personaliti Anda yang ramah juga akan semakin terlihat.

2. Kombinasi Pagar Besi dan Dinding dengan Motif Senada dengan Rumah

Pagar dengan bentuk seperti ini mungkin sudah sering dijumpai. Kombinasi dinding dan pagar besi adalah salah satu ide yang paling umum dipilih. Yang membedakan adalah dinding pada pagar biasanya disamakan dengan dinding pada bagian depan rumah minimalis.

Rumah minimalis biasanya mempunyai aksen yang sederhana namun eyecatching. Jika disamakan dengan dinding pada pagar, maka akan tercipta pagar yang mendukung kesan minimalisnya. Apalagi jika diberi cat yang senada, akan terlihat lebih simple.

Contoh desain pagar rumah minimalis kombinasi besi dengan dinding beton tembok pagar

Jangan takut untuk bereksperimen dengan aksen lainnya. Misalnya saja, Anda bisa memberikan aksen yang lebih simple pada pagar dengan motif garis atau bentuk persegi saja yang berbeda dengan aksen pada rumah, namun warna cat tetap senada. Aksen tersebut akan memperjelas gaya minimalis rumah Anda.

3. Pagar Besi Berpola

Jika Anda mau yang tidak biasa, pagar besi berpola bisa menjadi pilihan tepat. Banyak model yang bisa dipilih dan tentu saja banyak warna yang yang bisa dieksplor juga. Kuncinya adalah tetap pada kesan simple rumah minimalis.

Pagar besi berpola yang mungkin Anda suka adalah dengan pola pesergi atau lingkaran dengan warna hitam, putih atau tembaga. Pola-pola tersebut bisa dikatakan cukup minimalis karena cukup sederhana.

Contoh desain pagar besi berpola

Anda juga bisa menambahkan aksen seperto lampu. Selain untuk penerangan, lampu tersebut bisa berguna untuk hiasan. Ingat juga untuk tetap memperhatikan kesederhanaan dalam memilih lampu. Jangan memasang lampu yg terlalu mencolok, cukup yang simple tapi terlihat cantik.

4. Pagar Kayu Berbentuk Papan Besar

Saat ini pagar kayu dengan bentuk papan besar yang utuh sedang menjadi trend. Banyak rumah yang menggunakan pagar semcam ini untuk rumah minimalsinya. Desain yang simple dan tidak banyak aksen yang ribet menjadi ciri khas utamanya.

Biasanya pagar semacam ini digunakan oleh pemilik rumah yang mengutamakan keamanan, karena biasanya kayunya tebal, dan juga privasi, karena biasanya pagar semcam ini tinggi dan menutupi sebagian besar rumah.

Pagar rumah kayu papan unik dan menarik

Untuk warnanya sendiri, Anda bisa memilih warna coklat dan turunannya, bisa lebih muda ataupun sedikit gelap. Karena berbahan dasar kayu maka perawatannyapun akan sedikit susah. Namun keawetannya akan menjadikan perawatan hal yang setimpal untuk dilakukan. Selain itu, material kayu akan membuat rumah Anda lebih terkesan membumi dan natural.

5. Kombinasi Kayu dan Besi

Ya, kombinasi yang satu ini juga akan berhasil dalam menonjolkan betapa minimalisnya rumah Anda namunkesan “kembali ke alam” juga ada. Misalnya dengan memilih pagar berunsur kayu namun berbingkai besi, maka pagar Anda akan lebih kuat dan terdapat nilai estetis yang lebih.

Namun yang perlu diperhatikan di sini adalah pemilihan warna cat untuk besinya. Warna hitam dan putih akan serasi dipadupadankan dengan material kayu. Hindari warna bronze karena akan terlihat menyatu dengan kayunya.

Contoh desain pagar rumah minimalis dari kayu berbingkai besi

6. Yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Pagar

Sudahkah Anda mendapatkan ide dalam memilih pagar untuk rumah minimalis Anda? Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih pagar lho.

A. Tinggi Rendahnya Pagar

 Hal ini sangat perlu diperhatikan karena akan mempengaruhi pandangan orang luar, terutama tentangga Anda. Jika Anda tinggal di dalam kampong, ada baiknya jika pagarnya tidak terlalu tinggi, namun jika di pinggir jalan, ada baiknya Anda memilih pagar yang lebih tinggi agar lebih aman.

B. Warna Cat

Selain mempengaruhi segi keindahan, warna cat juga perlu diperhitungkan yaitu untuk segi perawatannya. Tentu Anda tidak mau kalau harus bolak balik mengecat pagar karena koto bukan? Warna gelap memang jadi pilihan tepat karena tidak mudah kotor, namun jika Anda menginginkan warna yang cerah, maka harus memilih jenis cat yang tidak mudah terkena noda.

C. Fungsi

 Fungsi pagar sebenarnya adalah melindungi isi rumah, maka fungsi ini jangan sampai hilang. Pagar harus bisa dengan mudah dibuka dari dalam agar pemilik rumah bisa keluar dengan mudah, namun sulit untuk ditembus orang lain dari luar.

Jangan sampai karena mementingkan keindahannya, pagar malah tidak berfungsi dengan baik. Tetap utamakan fungsinya dan fungsi estetik menjadi nomor dua. Yang penting rumah aman terlebih dahulu.

D. Besar Bukaan yang Diperlukan

Hal ini juga perlu dipertimbangkan dengan baik. Jangan sampai karena tertarik modelnya, Anda tidak memperhatikan bahwa bukaan pagar tersebut hanya cukup untuk motor saja padahal Anda butuh bukaan sebesar mobil.

Pastikan pagar yang dipilih dan dipesan sesuai dengan kebutuhan Anda. Sesuaikan juga dengan kondisi rumah dan lingkungan sekitarnya. Pasti pagar akan menjaga rumah Anda dengan baik plus mempercantik rumah dengan konsep minimalis.

Jadi, ide manakah yang akan dipakai? Semua tampak menarik dan bagus jika dikombinasikan dengan rumah minimalis Anda bukan? Jika masih bingung, bisa berkonsultasi dengan arsitek rumah Anda atau diskusikan dengan keluarga. Pagar yang minimalis, kuat, namun tetap cantik pasti bisa ditemukan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.