Tips Memilih Desain Kolam Ikan Kecil di Teras Rumah

506

Kolam ikan yang minimalis di depan rumah Anda pastinya mampu menjadi salah satu media untuk melepaskan segala kepenatan Anda. Pikiran Anda akan terasa lebih tenang saat mendengarkan gemericik ikan dan air kolam.

Jika Anda berencana untuk membuat kolam ikan minimalis di teras rumah Anda, penataan kolam ikan ini dapat ditempatkan di lokasi manapun asalkan tidak menggangu area sekitar rumah menjadi terganggu.

Berikut ini 6 hal penting berkaitan dengan memilih desain kolam ikan kecil di teras rumah. Semoga ini dapat membantu anda menemukan inspirasi untuk rumah anda sendiri.

A. Kolam Ikan Minimalis

Jika Anda berencana untuk menempatkan kolam ikan minimalis ini di halaman depan atau di teras rumah Anda, kolam ini akan mampu menjadi sebuah jembatan yang dapat menghubungkan ruang interior dan eksterior rumah Anda dan dapat membuat setiap orang yang bertamu di rumah Anda menikmati kesejukan dan keindahan kolam ikan yang Anda punyai.

Apalagi jika Anda merupakan seorang pecinta ikan, pasti sangatlah menyenangkan jika Anda dapat menikmati aktivitas ikan-ikan kesayangan Anda yang hilir mudik di dalam kolam khusus yang Anda siapkan untuk mereka di depan rumah Anda.

Contoh desain kolam ikan kecil di teras rumah depan
Contoh desain kolam ikan kecil di teras rumah depan. Image: Freshdesignpedia.com

Faktor utama yang perlu Anda perhatikan jika ingin membuat kolam ikan minimalis di teras rumah adalah fitur dan bentuk kolam yang mampu memudahkan Anda menikmati pemandangan dari ikan-ikan kesayangan Anda setiap hari.

Selain itu, Anda juga harus memperhitungkan banyaknya budget yang perlu dikeluarkan untuk mewujudkan kolam ikan minimalis impian Anda. Pastikan desain kolam ikan ini nantinya tidak melebihi budget yang sudah Anda alokasikan sebelumnya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kehdiran sebuah kolam ikan minimalis di halaman depan rumah Anda mampu memberikan tampilan yang cantik dan segar pada rumah Anda.

Apalagi kalau kolam ikan ini didesain dengan disertai air mancur, tentunya akan membuat suasana kolam menjadi sangat nyaman dan juga membuat pikiran Anda menjadi kembali segar setelah seharian beraktifitas.

Contoh ide kolam ikan di teras rumah dengan air mancur rendah
Contoh ide kolam ikan di teras rumah dengan air mancur rendah

Anda dapat mencari ide dan inspirasi desain kolam ikan minimalis dari internet atau majalah. Tapi, sebelum Anda membuat suatu kolam ikan minimalis, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, antara lain:

1. Menentukan Desain Kolam Ikan

Sebelum Anda melangkah jauh ke depan, satu hal yang perlu Anda persiapkan terlebih dulu adalah desain kolam ikan minimalis Anda sebagai dasar acuan Anda, carilah beberapa referensi desain kolam ikan minimalis dari internet atau majalah.

Contoh desain kolam ikan kecil di teras dengan pancuran agak tinggi

Mengingat teras yang kita bahas adalah desain minimalis, maka tentu saja kolam ikan yang akan di buat harus bertema minimalis. Kecuali jika desain rumah atau terasnya mewah yang memiliki luas yang cukup.

Jadi faktor ukuran tempat sangat menentukan dari desain kolam ikan yang akan dibuat.

Tema-tema kolam natural sangat cocok untuk teras rumah minimalis. Meskipun tidak menutup kemungkinan juga, teras rumah minimalis akan cocok dengan tema kolam ikan minimalis modern.

Jangan lupa melengkapi kolam ikan minimalis kita dengan tanaman-tanaman. Dengan demikian anda harus sedikit meluangkan tempat untuk tanaman ini di sekitar kolam ikan. Atau kita bisa menggunakan tanaman dalam pot yang bisa diletakkan di sekitar bibir kolam ikan.

Dengan beberapa acuan yang Anda dapatkan, Anda bisa membuat konsep tentang bagaimana bentuk dan fitur dari kolam ikan impian Anda. Sejak Anda mengusung konsep minimalis, maka bentuk kolam ikan yang sesuai adalah segi empat atau kotak.

Namun, dalam beberapa desain, sering juga kita lihat, kolam ikan kecil minimalis berbentuk lingkaran kecil seperti bak. Memang tidak ada salahnya dengan pemilihan ini karena tergantung kreatifitas masing-masing orang.

Kolam ikan kecil di teras rumah desain ke atas dengan dinding kolam rendah

Dalam memilih desain kolam ikan kecil ini, satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah, keamanan. Artinya, misalnya jika anda mempunyai anak kecil, pastikan desainnya sangat memperhatikan keamanannya. Sebagai contoh, pilih desain yang dilengkapi dengan dinding pagar agak tinggi di sekitar kolam tersebut.

Anda bisa juga memilih desain ke atas. Jadi kolam ikan ini menyerupai bak. Bisa juga digunakan dinding kaca yang bening. Sehingga kita bisa menikmati ikan yang berenang dari samping kolam, yaitu dari dinding kaca yang bening ini. Yah, lebih mirip akuarium sih, tetapi di desain dari pondasi beton atau semen yang kuat dan tidak mudah bergeser atau terjatuh.

Contoh ide desain kolam ikan kecil di teras rumah minimalis dengan dinding kaca
Contoh ide desain kolam ikan kecil di teras rumah minimalis dengan dinding kaca

2. Menentukan Besarnya Kolam Ikan

Setelah Anda berhasil merancang kolam ikan minimalisnya, langkah selanjutnya adalah menentukan besar atau ukuran kolam ikan ini. Ukuran kolam ikan ini akan memberikan pengaruh pada keserasian dan tampilan rumah Anda. Untuk model kolam ikan minimalis, biasanya ukuran yang dipakai tidaklah terlalu besar. Bentuk yang simpel tapi cantik sudah cukup sebetulnya untuk kolam ikan minimalis.

Jika halaman rumah Anda berukuran memanjang, Anda bisa membuat kolam ikan minimalis dengan ukuran yang disesuaikan dengan halaman Anda, yaitu dibuat memanjang juga. Selain berkaitan dengan ukuran kolam, lokasi penempatan kolam ikan juga harus Anda tentukan dengan strategi yang tepat agar kolam ikan ini nantinya tidak mengganggu atau menghambat aktivitas keseharian Anda dan para penghuni rumah lainnya.

3. Bahan untuk Membuat Kolam Ikan

Hal lain yang tak kalah pentingnya dalam membuat kolam ikan minimalis di teras depan rumah Anda adalah bahan yang akan digunakan untuk membuat kolam tersebut. Jika Anda menggunakan bahan yang bagus maka pastinya kolam ikan tersebut akan menjadi kokoh dan tahan lama walaupun Anda harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal.

Yang perlu diingat adalah hindari menggunakan bahan-bahan yang susah perawatannya karena hal ini hanya akan menyulitkan Anda nantinya. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan beberapa komponen hiasan lainnya misalnya batu alam yang dapat memberikan kesan yang tidak membosankan pada kolam ikan minimalis Anda.

4. Menentukan Komponen Isi Kolam Ikan

Setelah Anda berhasil menentukan desain, ukuran dan bahan kolam ikan minimalisnya, langkah selanjutnya adalah menentukan apa saja yang akan ada di dalam kolam ikan tersebut mulai dari jenis dan ukuran ikan yang akan hidup di dalamnya sampai dengan komponen tambahan yang ada di kolam ikan.

Jika Anda membuat kolam ikan minimalis yang berukuran kecil, sebaiknya Anda memilih ikan yang juga berukuran mungil dan kecil sebagai penghuni kolam ikan tersebut. Atau, jika kita memilih ikan yang bisa berukuran besar, misalnya ikan koi, kolam kecil mungkin cukup diisi sedikit saja. Misalnya cukup diisi tidak lebih dari 7 ekor saja. Ini akan lebih menarik daripada terisi banyak ikan yang berukuran cukup besar.

B. Mulai Membuat Kolam Ikan Minimalis

Setelah semua komponen untuk membuat kolam ikan tersedia, sekarang waktunya membuat persiapan untuk membuat kolam ikan minimalis sesuai dengan desain dan ukuran yang telah ditentukan. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Siapkan semua alat dan bahan yang akan dipergunakan dalam pembuatan kolam ikan minimalis. Peralatan yang perlu Anda persiapkan antara lain: meteran, sekop, cangkul, dan sebagainya. Bahan-bahan utama yang harus ada antara lain: batu bata, semen, batu, pasir, dan masih banyak lagi lainnya.
  • Pertama, buat galian pada lokasi yang sudah Anda tentukan. Besarnya gajian ini disesuaikan dengan ukuran kolam ikan yang ada pada desain. Setelah galian ini terbentuk dengan ukuran yang sama dengan desain kolam yang telah Anda buat, pasanglah tatanan batu bata dengan menggunakan campuran semen dan pasir. Pastikan adonan semen dan pasir ini tercampur dengan rata supaya tidak terjadi kebocoran pada kolam ikan minimalis Anda nantinya. Anda juga bisa menggunakan pelapis khusus anti air atau waterproof pada kolam ikan Anda.
  • Jika Anda mau, gunakan keramik mozaik pada bagian dinding kolam dan juga bagian dasar kolam ikan tersebut. Tapi keramik mozaik ini hanyalah pilihan, Anda bisa melapisi dinding dan dasar kolam ikan dengan bahan atau keramik yang Anda sukai.
  • Kalau Anda tiadk berencana untuk menggunakan keramik pada dinding kolam ikan minimalisnya, Anda bisa mengecat dinding dan dasar kolam dengan menggunakan cat warna putih. Warna cat putih ini akan mampu memberikan kesan cantik pada tampilan kolam ikan Anda. Tapi, kalau Anda sudah menggunakan keramik pada dinding kolam, Anda tidak perlu mengecat dinding kolam ikan.
  • Perhatikan cara pembuatan saluran masuk air ke dalam kolam ikan. Buatlah saluran ini dengan menggunakan pipa yang terhubung dengan pompa air listrik secara langsung.
  • Setelah kolam selesai dibuat, tambahkan filter air pada kolam ikan ini. Sistem pompa mekanik dapat Anda gunakan karena kemudahan yang diberikan. Filter air juga dapat didapatkan dengan mudah di toko ikan. Kegunaan filter air ini adalah untuk menjaga kondisi air selalu bersih supaya kadar oksigen di dalam kolam akan selalu terjaga. Agar filter air ini dapat bekerja secara maksimal, pilihlah filter air yang pas dengan ukuran kolam.
  • Untuk mempercantik tampilan kolam ikan minimalis Anda, tambahkan lampu penerangan di titik-titik tertentu. Selain dapat mempercantik tampilan kolam di malam hari, lampu-lampu ini dapat digunakan sebagai tambahan penerangan jika malam hari tiba.

Itulah beberapa tips dan cara pembuatan kolam ikan minimalis di teras rumah Anda. Jika Anda tidak mau direpotkan dengan berbagai macam dekorasi untuk kolam ikan, pilihlah satu saja yang berukuran besar misalnya kendi raksasa untuk ditaruh di dalam kolam.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.