Ide Model Tiang Teras Rumah Batu Alam

Gambar: Batualam.co.id
635

Jika Anda mengusung desain teras minimalis, Anda dapat membuat tampilan teras rumah Anda menjadi lebih menarik dan indah dengan memberikan dekorasi sebaik mungkin. Salah satunya adalah dengan memberikan dekorasi berupa tiang teras rumah yang terbuat dari batu alam. Selain berfungsi sebagai penyangga rumah yang kokoh, tiang teras ini juga dapat dijadikan sebagai dekorasi yang mampu memperindah tampilan teras minimalis Anda.

Berikut ini adalah beberapa model tiang teras batu alam untuk rumah minimalis. Model persegi dan bulat adalah paling banyak kita temui. Terlebih dahulu kita akan bahas mengenai model tiang teras yang sedang populer saat ini.

Model Tiang Teras

Teras rumah dapat digunakan sebagai dekorasi yang akan mempercantik eksterior desain suatu rumah bergaya minimalis selain fungsi utamanya sebagai pelindung pintu dan jendela dari hujan dan sinar matahari. Selain itu, teras sering digunakan sebagai tempat bersantai bagi para penghuni rumah. Teras ini sendiri merupakan komponen utama yang menentukan kesan pertama dan juga mengindikasikan perpaduan keindahan dan kenyamanan rumah Anda.

Teras ini sendiri dapat dibuat menjadi sebuah eksterior yang indah dengan pemilihan yang tepat pada tiang teras yang digunakan. Dengan pemilihan tiang teras yang tepat dapat membuat eksterior teras rumah Anda menjadi berkesan ikonik, menarik dan juga impresif.

Saat ini, banyak sekali tersedia pilihan jenis tiang beton yang bisa digunakan sebagai referensi para pemilik rumah yang berencana akan merenovasi rumahnya agar terkesan lebih megah dan indah. Referensi ini juga bisa digunakan oleh para masyarakat yang berencana akan membangun rumah dalam waktu dekat.

Model tiang teras rumah minimalis

Tapi selain bahan beton yang telah banyak digunakan, Anda bisa mencoba menggunakan material batu alam untuk menimbulkan ciri khas rumah Anda. Penggunaan batu alam juga menimbulkan kesan alami dan elegan.

Tidak jarang terjadi dimana masyarakat salah dalam menggunakan desain sehingga malah menimbulkan kesan berantakan pada eksterior rumah. Hal ini terjadi karena mereka memiliki pengetahuan yang tidak mencukupi mengenai jenis tiang teras rumah minimalis yang modern dimana saat ini sedang terkenal atau menjadi trend.

Model tiang teras rumah yang sedang menjadi hits saat ini adalah model tiang teras dengan hiasan batu alam.

1. Tiang Teras Batu Alam untuk Rumah Minimalis

Desain tiang teras untuk rumah minimalis pada dasarnya menekankan pada fungsi kekuatan dengan cara membuat tiang tersebut dari material yang berkualitas tinggi, sedangkan biasanya gambar desain tiang teras untuk rumah satu lantai akan berbeda dengan desain rumah dua lantai. Hal ini dikarenakan alasan bahwa desain konsep rumah minimalis itu sendiri adalah mengusung konsep mungil dimana desain terasnya belum mampu digunakan untuk mempercantik atau menghias halaman rumah.

Tiang teras rumah minimalis dari batu alam

Batu alam memang telah banyak dikenal dengan keunggulannya sebagai material bangunan yang mempunyai ketahanan jangka panjang dari air ataupun dari cuaca ekstrim. Dengan kelebihan yang dimiliki, batu ala mini sangat cocok digunakan sebagai tiang teras rumah minimalis Anda. Anda tidak perlu menambahkan cat karena warna alami dari batu alam itu sendiri mampu menampilkan keunikan tersendiri yang bisa mempercantik dan memperindah teras rumah Anda.

2. Mountain Style

Model tiang teras rumah yang pertama kali diperkenalkan adalah model mountain style. Desain tiang ini memiliki bentuk mirip dengan gunung sejajar yang sedang menyangga atap teras rumah Anda. Batu alam model mountain style ini disusun sampai menyerupai trapezium berdimensi.

Model tiang teras ini mampu memberikan kesan klasik pedesaan. Untuk memberikan kesan indah pada rumah minimalis Anda, desain batu ala mini bisa ditambahkan dengan beberapa elemen kayu ytang digunakan untuk menyangga atap teras.

Ide Model Tiang Teras Rumah Batu Alam
Gambar: Batualam.co.id

Model tiang teras mountain style ini banyak dipilih sebagai slah satu eksterior tiang rumah selain model persegi yang banyak juga digunakan. Kalau Anda ingin memperoleh kesan yang lebih berkarakter dan unik, Anda bisa menggunakan model mountain style pada tiang teras rimah minimalis Anda.

3. Persegi

Model tiang teras yang juga tak kalah terkenal adalah model tiang teras persegi. Model tiang teras ini masih banyak digemari dan dijadikan sebagai desain umum pada rumah minimalis. Keunggulan model tiang persegi adalah model ini mudah untuk dipasang sesuai dengan dimensi yang sudah ditentukan berdasarkan ukuran luas teras. Jika dibandingkan dengan model mountain style, model persegi ini lebih banyak ditemukan di rumah minimalis lokal.

Model tiang teras batu alam persegi untuk rumah minimalis
Image: batuandesit.info

Selain itu, bentuk persegi yang digunakan pada tiang teras rumah minimalis juga mampu menimbulkan kesan primitif dan mediteranian. Anda bisa juga menambahkan beberapa jenis batuan misalnya batuan koral atau lebih tepatnya batu andesit, Anda telah mampu membuat desain tiang teras ini menjadi lebih menarik dan mempesona. Selain dibuat dengan susunan yang teratur, model tiang ini bisa juga disusun dengan struktur batu alam acak untuk lebih menampilkan kesan primitifnya.

4. Bulat

Selain dua bentuk atau model tiang teras yang telah disebutkan sebelumnya, ada juga model tiang teras bulat. Model tiang teras yang satu ini mampu menampilkan kesan kontemporer dan modern dengan gaya arsitektur ala Cina dan Eropa. Dibandingkan dengan memasang tiang teras model beton, harga yang ditawarkan dari tiang bulat dari batu ini bisa lebih mahal. Setelah batu dilakukan finishing, harganya bisa sekitar empat ratus lima puluh ribu rupiah tergantung pada proses dan jenis finishing yang dilakukan.

Model tiang teras bulat

Jika model tiang bulat ini ditambahi dengan detail di sekitar permukaan batu alamnya, harganya akan jauh lebih mahal lagi karena ukiran atau ornament ini akan menambah keunikan pada tiang bulat ini. walaupun rumah Anda mengusung konsep minimalis, tapi jika Anda menambahkan tiang teras bulat ini, rumah Anda akan menjadi terkesan jauh lebih megah dan mewah. Tapi, untuk mendapatkan hasil yang seperti ini, Anda harus menyiapkan budget yang banyak.

Tiga jenis tiang teras yang disebutkan di atas, biasanya digunakan pada rumah minimalis 1 lantai. Jika rumah minimalis Anda terdiri dari 2 lantai, maka Anda harus mencari model tiang teras yang mampu menyangga dua ruang santai yang berlainan, yaitu teras di lantai 1 dan balkon di lantai 2. Tentunya material untuk tiang teras penyangga yang terbuat dari batu alam cocok digunakan karena memiliki ketahanan jangka panjang.

Ide tiang teras batu alam rumah minimalis dua lantai

Untuk rumah minimalis 2 lantai, Anda bisa mengkombinasikan batu alam dengan material lain misalnya beton dan kayu sesuai dengan konsep atau desain rumah yang Anda rencanakan. Misalnya, untuk teras yang berada di lantai 1, Anda bisa menggunakan tiang teras dari batu alam sampai dengan lantai 2. Kemudian dari lantai 2 ke atap rumah, Anda bisa menggunakan tiang kayu minimalis atau beton pada pergola atau balkon lantai 2. Dengan kombinasi yang seperti ini, Anda bisa menampilkan kontras eksterior yang indah pada rumah lantai 1 dan lantai 2 dan tetap kelihatan dinamis.

Itulah beberapa model tiang teras yang cocok untuk konsep rumah minimalis. Sebelum membuat tiang, pastikan besarnya tiang teras yang menyangga rumah Anda memiliki ukuran yang sesuai dengan luasan teras. Pastikan semuanya seimbang untuk menjaga kedinamisan dan keindahan tampilan rumah Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.