Ide Dan Trik Berbagai Gaya/Desain Populer Dapur

230

Pembicaraan tentang desain interior untuk dapur seakan tak akan ada habisnya. Ribuan warna, pola dan model bisa dikombinasikan menjadi sebuah desain unik. Belum lagi berbagai teknologi masak memasak yang bisa diselipkan ke dalam perpaduan tersebut.

Di tahun-tahun yang lalu, para pemilik rumah telah menikmati nyamannya berkegiatan dalam balutan gaya kontemporer. Kira-kira perpaduan menarik apa yang akan populer tahun ini?

Warna Trendy

Cara tercepat untuk menampilkan suasana baru di ruangan manapun adalah mengganti warna dinding dapur. Ingat, masing masing warna menonjolkan kesan tersendiri. Jangan sampai salah memilih warna!

1. Ultra Violet

Jika tahun lalu dominasi warna yang menonjol adalah warna yang menyegarkan, tahun ini para pemilik rumah akan dimanjakan dengan sentuhan warna-warna berani. Salah satunya adalah ultra violet. Banyak orang yang akan mengaplikasikan corak ini pada seluruh bagian rumah. Jadi, mengapa tak memulainya dari dapur? Kesan yang muncul adalah elegan dan menawan.

Desain dapur dengan motif pilihan warna tema ultraviolet

2. Marmer

Percampuran warna pada marmer rupanya juga diminati oleh banyak pemilik rumah pada tahun 2018 ini. Uniknya, kombinasi yang dipilih bukanlah warna pastel, melain tabrakan warna yang sangat kontras. Para pemilik rumah akan melihat sebuah ruangan yang penuh garis jelas dan juga dramatis.

Desain dapur dengan marmer

3. Kesan Berbayang

Meskipun tidak sepenuhnya merujuk pada satu warna, namun arahan ini menggambarkan bagaimana si pemilik rumah dapat mengkombinasikan warna. Pastikan untuk memoleskan corak gelap pada bagian yang memang akan tertutup bayangan ketika lampu dinyalakan. Si pemilik rumah akan mendapatkan kesan 3D dengan trik ini.

Kombinasi warna gelap dinding dapur
Image: hgtv.com

4. Biru Dan Hijau

Perpaduan dua warna ini sudah digemari sejak tahun lalu. Warna ini sangat menarik karena dapat dipadu padankan dengan interior kayu maupun besi. Nikmati corak lautan yang damai di daerah dapur si pemilik rumah.

Kombinasi warna hijau dan biru pada desain dapur modern minimalis

5. Padu Padan Warna

Bingung memilih satu warna dominan untuk dapur? Bagaimana jika memasukkan semua unsur corak yang diminati? Si pemilik rumah hanya perlu memastikan bahwa warna yang diambil cukup harmonis dan dapat memperkuat corak lainnya. Pokoknya, tinggalkan warna monokrom!.

Kombinasi warna-warni kontras untuk dapur minimalis
Image: Homedit.com

Peralatan Built In

Poin selanjutnya yang akan membuat perubahan besar pada dapur adalah peralatan memasak built in. Pergeseran ini tidak terlalu jauh dari tren tahun lalu. Para pemilik rumah dapat menyiapkan semua bahan mentah dengan higienis dan efisien. Jika pada umumnya dapur kontemporer memiliki bentuk U atau L, dapur modern di tahun 2018 akan memadatkan semua perlengkapan pada satu sisi saja.

Hal ini dimungkinkan dengan bantuan peralatan built in. Hanya dengan bergeser beberapa langkah ke samping kanan dan kiri, si pemilik rumah dapat mengakses semua alat yang dibutuhkan. Kulkas, kabinet bawah, kabinet atas, countertop, tempat mencuci piring, kompor dan bahkan jalur pembuangan asap, semua menyatu dalam satu balok besar.

Perlengkapan dapur build in modern

Jika si pemilik rumah ingin membuat dapur yang benar benar canggih, ada berbagai aplikasi baru yang layak untuk dicoba. Beberapa fitur yang cukup praktis adalah teknologi pengenalan suara dan juga nirkabel. Dengan mengaplikasikan fitur berikut, si pemilik rumah akan merasakan pendampingan seorang asisten bayangan.

Granit Dan Kuarsa

Konter dapur adalah titik utama si pemilik rumah beraktifitas ketika memasak. Pemilihan, pemotongan dan pengolahan bahan mentah dilakukan di atas konter. Dengan kata lain, si pemilik rumah disarankan ekstra hati-hati ketika memilih bahan untuk konter. Dua pilihan yang paling populer adalah granit dan kuarsa. Keduanya berpenampilan mewah dan menawan.

Ada beberapa hal mendasar yang harus dipertimbangkan oleh pemilik rumah pada saat memilih antara granit dan kuarsa. Granit memiliki tingkat kekerasan yang tinggi. Ketika dibeli dari toko, granit biasanya telah memiliki lapisan pelindung khusus. Jika si pemilik dapat meminimalisir goresan, granit dapat bertahan lama. Terlebih lagi, jika selalu dibersihkan seusai memasak.

Granit Countertop Dapur modern minimalis
Image: DIYnetwork.com

Kuarsa juga tak kalah populer, namun tingkat kekerasannya tidak sebaik granit. Bahan ini pun dapat dibeli dengan harga relatif murah. Bagi para pemilik rumah yang menjatuhkan pilihannya pada kuarsa, pastikan untuk berhati hati ketika memasak. Benturan yang terlalu keras akan menimbulkan keretakan.

Desain Interior Transisional

Jika dibandingkan dengan desain kontemporer di tahun lalu, penambahan teknologi sendiri sudah menyerukan satu tema unik: transisional. Dalam bahasa yang lebih populer, desain transisional sering disebut dengan gaya kekinian. Para pemilik rumah akan disarankan untuk memberikan sentuhan warna dan furnitur tradisional untuk disandingkan dengan teknologi baru dan canggih.

Selain itu, para pemilik rumah juga dapat memilih salah satu desain saja. Dengan demikian, uniknya dapur kontemporer dapat lebih ditonjolkan. Untuk dapat menghidupkan kesan tersebut, pilihlah bahan dan warna yang berdasar pada kayu. Padu padankan dengan warna senada.

Demikian pula ketika memilih untuk menjadikan dapur sebagai tempat berkreasi dengan peralatan canggih. Meski warna metalik adalah warna yang melambangkan “masa depan”, pilihan warna cerah pun bisa diambil. Counter berwarna perak cocok dengan warna pastel. Untuk para pemilik rumah yang menyukai warna gelap, ambil sentuhan matte.

Desain dapur transisional modern bertemu tradisional
Image: hgtv.com

Gaya Eksentrik

Tak ingin repot-repot memikirkan warna dan corak yang menarik? Si pemilik rumah dapat mengambil beberapa paduan warna yang sudah mendunia.

1. Gaya Maroko

Perpaduan garis dan lengkung yang teratur menjadi salah satu penyegar mata. Ditambah lagi dengan corak putih, hijau dan jingga yang mencolok. Memadukan pola Maroko secara acak pun dapat menghasilkan karya yang apik.

Desain dapur dengan gaya keramik maroko

2. Rustic

Ada satu unsur yang menonjol dalam konsep ini: warna coklat kayu. Dibandingkan dengan warna polos teratur, corak serat kayu akan lebih dominan di pasaran.

Desain dapur rustic didominasi warna coklat kayu
Desain dapur rustic didominasi warna coklat kayu. Image: Houzz.com

3. Aksen Emas

Masih menyukai warna pastel nan lembut? Ada satu trik untuk membuatnya menjadi lebih menonjol dan elegan: dengan menyelipkan warna emas. Hal ini dapat dilakukan dengan menambahkan garis emas di beberapa bagian atau menambahkan peralatan masak dari perunggu.

Tema emas untuk dapur minimalis
Tema emas untuk dapur minimalis. Image: thepinnaclekitchen.com.au

Open Kitchen

Konsep dapur terbuka yang biasanya hanya ada di restoran mewah mulai diadaptasi ke dalam rumah. Perbedaan mendasar dapur ini dan dapur konvensional adalah si juru masak. Jika biasanya ia menghadap ke dinding, maka dapur terbuka akan membuatnya memasak di hadapan para tamu. Menarik bukan?

Open kitchen desain dapur yang menarik dan modern
Open kitchen, desain dapur yang menarik dan modern. Image: homedit.com

Hiasan Dapur

Tak perlu membeli dekorasi khusus yang nantinya tak akan dipakai untuk memasak! Si pemilik rumah dapat melihat lihat perkakas mana yang sudah usang dan harus diganti. Ketika membeli peralatan dapur baru, pastikan warna yang dipilih dapat dipadukan dengan corak utama dapur. Kemudian, pajang perkakas tersebut pada dinding.

Menikmati suasana berbeda tidak berarti harus melakukan perubahan pada seluruh pojok rumah. Cukup dengan memilih satu ruangan yang paling sering digunakan oleh anggota keluarga: dapur. Meskipun terkadang letaknya terkadang tersembunyi, merubah desain, warna dan peralatan dapur akan mempengaruhi suasana seluruh penghuni rumah. Tak percaya? Coba praktekkan salah satu tips di atas!.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.