Dekorasi Dinding Rumah Minimalis

Image: thegraphicsfairy.com
210

Konsep rumah dengan design minimalis memang sedang menjadi tipe hunian impian bagi setiap pemilik rumah. Konsep rumah yang seperti ini tentunya cocok bagi mereka yang tinggal di area perkotaan dengan lahan yang lumayan sempit. Untuk lebih mendukung konsep minimalis itu sendiri, pemilik rumah tentunya perlu memilih dekorasi yang sesuai, termasuk untuk area dinding rumah.

Tips Memilih Dekorasi Dinding Rumah Minimalis

1. Pemilihan Ukuran Dekorasi

Tips pertama untuk memilih dekorasi dinding rumah minimalis Anda adalah memperhatikan ukuran dekorasi yang diinginkan. Karena rumah minimalis memiliki ukuran yang relatif sempit, pemilik rumah bisa memilih dekorasi dengan ukuran yang kecil agar dinding tidak terlihat penuh dan meninggalkan kesan lapang.

Jika pemilik rumah menghendaki jenis dekorasi dengan ukuran yang besar, pemilik rumah bisa tetap menggunakannya namun membatasi jumlah dekorasi tersebut. Untuk dekorasi berukuran kecil, pemilik rumah bisa meletakkan beberapa dekorasi sekaligus, dan untuk dekorasi berukuran besar, pemilik rumah bisa membatasi jumlahnya antara 1-3 buah tergantung dengan ukuran dekorasi itu sendiri.

2. Pemilihan Warna Dekorasi

Tips kedua yang juga harus diperhatikan dalam memilih dekorasi dinding rumah minimalis adalah pemilihan warna dari dekorasi itu sendiri. Untuk menonjolkan kesan minimalis, pemilik rumah bisa memilih dekorasi dinding dengan warna yang senada dengan ruangan yang akan diberi dekorasi.

Selain itu, pemilihan dekorasi dinding dengan warna yang senada akan memunculkan kesan elegan untuk ruangan itu sendiri. Namun untuk menciptakan kesan ceria dan segar, pemilik rumah bisa memilih dekorasi dinding dengan warna terang dan mencolok. Dekorasi dinding dengan warna yang mencolok juga akan memunculkan kesan dinamis dan menghindarkan pemilik ataupun tamu dari rasa bosan.

3. Komposisi

Untuk membuat dinding rumah minimalis lebih menarik, pemilik rumah bisa mengkreasikan beberapa jenis dekorasi sekaligus. Namun, yang harus pemilik rumah perhatikan disini adalah komposisi atau tata letak dari dekorasi-dekorasi tersebut.

Pemilik rumah bisa meletakkan dekorasi dengan ukuran yang besar di tengah dinding dan dekorasi yang kecil di sekitar dekorasi besar tersebut. Untuk menciptakan komposisi yang lebih dinamis, pemilik juga bisa mencampurkan ukuran dan warna dari dekorasi yang berbeda asal tidak saling tumpang tindih.

Ide dekorasi dinding rumah minimalis yang sempit

Buat Sendiri Dekorasi Dindingmu

1. Kolase Foto Keluarga

Ide dekorasi dinding yang satu ini sangat cocok bagi pemilik rumah yang ingin menambahkah kesan hangat ke ruangan yaitu dengan menggunakan kolase foto. Cara mudahnya tentu saja dengan membeli beberapa bingkai foto untuk memasang foto. Namun, pemilik rumah bisa berhemat jika menggunakan bahan-bahan sisa yang biasa ditemui di sekitar rumah. Pemilik bisa menggunakan kayu-kayu yang tidak terpakai untuk membuat bingkai foto.

Penggunaan bingkai kayu buatan sendiri tentunya akan meninggalkan kesan tersendiri bagi pemilik rumah, sekaligus menghemat biaya dekorasi. Cara membuatnya sendiri cukup mudah karena pemilik rumah hanya perlu menyiapkan kayu yang sudah tidak terpakai, cat khusus kayu, paku, amplas, dan beberapa helai benang sesuai selera.

Setelah semua bahan terkumpul, Anda bisa menghaluskan kayu dengan amplas dan memulaskan cat kayu agar terlihat lebih indah. Satukan kayu tersebut dengan paku seperti bentuk bingkai foto. Setelah jadi, pemilik rumah bisa memasangkan foto menggunakan benang secara horizontal ataupun vertikal.

2. Hiasan dari Kaca

Ide dekorasi yang kedua ini sangat berguna bagi pemilik rumah yang memiliki ruangan yang sempit. Ilusi dari pantulan kaca akan memberikan kesan luas pada ruangan dan akan membuat ruangan tampak lebih elegan. Cara membuatnya sendiri sebenarnya cukup mudah, namun pemilik harus tetap berhati-hati agar tidak terkena pecahan kaca.

Alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat hiasan ini adalah kaca berbentuk lingkaran, kayu, ranting pohon kecil atau sendok plastik, dan lem super atau lem tembak. Untuk membuat dekorasi ini, pemilik hanya perlu memasangkan kaca pada kayu yang telah disediakan dan menghiasi sisi-sisinya dengan ranting pohon kecil ataupun sendok plastik. Dekorasi ini bisa dipasang di bagian tengah dinding sevagai focal point.

3. Vas Bunga

Hiasan yang berikutnya ini cukup mudah untuk dibuat dan akan memberikan kesan segar serta elegan kepada ruangan. Pemilik rumah bisa menyediakan vas bunga yang cantik atau botol kaca yang sudah tidak terpakai untuk digunakan sebagai pengganti vas.

Untuk membuatnya lebih menarik, pemilik bisa memilih vas atau botol kaca yang berwarna agar tidak terkesan monoton. Pasang vas ataupun botol kaca ke dinding menggunakan ring dan kencangkan kedua sisinya menggunakan bor. Pemilik rumah bisa memilih beberapa titik untuk dipasangi vas atau botol kaca ini dan pemilik rumah bisa menambahkan bunga agar terlihat lebih cantik.

Dekorasi rak dinding dengan vas bunga dan pernak pernik menarik
Image: whatwomanneeds.com

4. Rak Serbaguna

Untuk menambahkan kesan klasik ke dalam ruangan, pemilik rumah bisa menggunakan rak serbaguna untuk menyimpan beberapa dekorasi kecil. Pemilik rumah bisa membuatnya sendiri dan caranya kurang lebih sama dengan ide dekorasi yang pertama. Yang harus pemilik rumah perhatikan disini adalah ukuran dari rak itu sendiri agar tidak terlalu besar maupun terlalu kecil.

Pemilik rumah bisa menggunakan cat kayu agar tampak lebih indah atau pemilik bisa hanya mengamplasnya untuk memunculkan kesan rustic ke ruangan itu sendiri. Kemudian, pemilik rumah bisa memberikan pernak-pernik yang disukai ke rak yang telah dibuat agar ruanganan tidak tampak kosong.

5. Hiasan Piring Klasik

Dekorasi rumah yang memiliki tema vintage memang sedang menjadi tren belakangan ini. Gabungan antara konsep rumah yang minimalis serta dekorasi bergaya vintage akan sangat cocok dan akan memberikan kesan hangat dan classy bagi ruangan itu sendiri. Jika pemilik rumah menyukai hal yang serupa, maka dekorasi ini sangatlah cocok untuk dipilih.

Pemilik hanya perlu menyediakan beberapa piring yang memiliki bentuk, hiasan, ataupun warna yang terkesan vintage untuk dijadikan hiasan. Kemudian, pemilik rumah bisa membeli gantungan khusus untuk piring agar lebih stabil dan pemilik rumah hanya perlu memasangnya dengan paku ataupun bor. Pemilik rumah bisa memasangkan beberapa piring sekaligus dan menempatkannya dengan dekorasi lain untuk membuat dinding rumah lebih hidup.

Ide kreatif hiasan dinding dengan piring-piring unik vintage style

6. Hiasan dari Ranting Pohon

Ide dekorasi terakhir yang bisa pemilik rumah buat untuk dinding rumah minimalis juga menggunakan ranting sebagai bahan utamanya. Disini, pemilik hanya perlu memotong beberapa buah ranting pohon dan mengamplasnya agar lebih halus. Kemudian, pemilik rumah juga harus menyediakan bingkai foto yang sudah dihilangi kacanya dan memasangkan ranting pohon tersebut ke bingkai fotonya.

Pemilik rumah bisa menggantungkan bingkai foto tersebut di dinding rumah sebagai hiasan, atau pemilik rumah bisa menggunakan cabang dari ranting tersebut untuk menggantungkan barang-barang kecil, seperti, kunci, kalung, gelang, ataupun syal. Selain sangat berguna, ide dekorasi ini akan mempertegas kesan minimalis dan membuat rumah lebih hangat serta tidak membosankan.

Dekorasi dinding rumah dengan ranting kayu

Memilih dekorasi dinding untuk rumah minimalis memang sedikit susah karena harus menyesuaikan konsep minimalis itu sendiri. Selain itu, pemilihan dekorasi yang tepat sangat ditekankan agar dekorasi tidak tumpang tindih dan membuat rumah terasa sempit sehingga kesan minimalisnya hilang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.