Cara Menata Bunga Di Teras Rumah

Image: amazadesign.com
1,051

Teras merupakan muka setiap rumah. Maka, desain teras sebaiknya dipikirkan baik-baik agar dapat memberikan kesan yang baik pula bagi orang yang berkunjung atau melewati rumah. Sayangnya, banyak orang yang tidak mengidahkan keindahan teras karena membutuhkan tenaga dan uang ekstra. Padahal, ada banyak cara yang mudah dan murah untuk menghiasi teras, salah satunya dengan menata bunga.

Sebelum membeli bunga untuk memperindah teras Anda, ada baiknya bila tata ruang teras dirancang terlebih dahulu. Berikut beberapa tips yang bisa diikuti:

1. Sesuaikan Jumlah Bunga Dengan Ukuran Ruang

Menambahkan bunga pada teras akan memberikan aksen cerah dan menyegarkan. Maka, semakin banyak bunga, semakin segar juga teras akan terlihat, bukan? Sayangnya, penataan bunga tidak bergulat seperti itu, terutama untuk desain rumah. Tanaman dan bunga yang terlalu banyak justru akan membuat ruangan manapun, teras terbuka sekalipun, terasa sesak dan tidak nyaman untuk mengobrol santai.

Ide dekorasi bunga dalam pot di teras depan rumah

Apabila tidak ingin membuat hutan dadakan di teras, sebaiknya hindari membeli terlalu banyak tanaman dan bunga. Pastikan jumlah tanaman yang dibeli tidak akan menutupi seluruh sudut ruangan. Untuk kesan minimalis, belilah tanaman pot untuk satu atau dua sudut teras dan meja. Apabila menginginkan teras yang asri, fokuskan penghijauan di pekarangan depan atau penuhi satu sisi teras dengan bunga.

2. Berikan Fokus Pada Teras

Mau memakai sedikit atau banyak bunga, sebaiknya teras tetap memiliki fokus pada desainnya. Bila teras tidak digunakan untuk duduk-duduk, maka tanaman sebaiknya diletakkan dekat pintu agar tamu lebih tertarik untuk masuk rumah.

Bila teras digunakan untuk bersantai, letakkan bunga di depan arah pandang tempat duduk. Sebaliknya, apabila teras lebih sering dipakai untuk mengobrol, bunga lebih baik diletakkan di atas meja teras agar tamu lebih fokus melihat ke sekitar meja (yaitu tempat duduk) daripada keluar teras.

Cara Menata Bunga Di Teras Rumah
Image: amazadesign.com

Namun, fokus tidak harus berasal dari bunga itu sendiri; meletakkan meja dengan warna yang mencolok dengan latar satu jenis warna menutup dinding di belakang tempat duduk juga dapat memberikan fokus bagi desain teras Anda.

Apabila sudah memiliki gambaran dimana akan meletakkan bunga, maka sudah saatnya untuk memilih bunga untuk memperindah teras. Pemilihan bunga sebaiknya mengikuti dasar berikut:

a. Ketersediaan Waktu Untuk Merawat

Walaupun bunga lebih sering dipajang untuk hiasan estetik, bunga jugalah mahluk hidup yang perlu perawatan. Maka, pemilik juga harus memiliki waktu untuk merawat tanaman tersebut. Apabila dapat meluangkan waktu setidaknya 10 hingga 20 menit setiap pagi atau sore untuk menyiram, maka bunga pot apapun dapat dipilih.

Namun, bagi orang yang jarang memiliki waktu untuk merawat, tanaman tanah kering seperti bonsai, kaktus, dan succulent juga bisa menjadi pilihan yang cantik dan mudah dirawat. Bila mudah lupa dan takut bunga tidak merawat, tidak ada salahnya membeli bunga dan tanaman plastik untuk kebutuhan estetik teras.

b. Tempat Meletakkan Bunga

Tempat meletakkan tanaman juga menjadi perhitungan untuk jenis bunga yang akan dipilih. Tidak semua bunga akan cocok diletakkan di tempat yang sama. Misalnya saja, sepucuk bunga mawar akan lebih cantik bila ditaruh sejajar pandangan mata dibanding di lantai.

Ide tata letak bunga dalam pot di teras rumah yang menarik
Image: brilio.net

Selain itu, ukuran tanaman juga berpengaruh dalam peletakannya. Bunga berukuran mini lebih mudah terlihat bila diletakkan di tempat yang sejajar atau sedikit lebih rendah dari mata. Misalnya saja di rak gantung atau di atas meja.

Sedangkan, bunga yang berukuran besar atau tinggi dapat diletakkan di lantai. Bila ada lahan kecil di depan teras, kedua jenis bunga dapat digunakan asalkan penyusunannya tidak saling menutupi.

3. Aksen Warna Dan Furnitur

Selain jumlah, warna bunga juga harus diperhitungkan. Apabila furnitur teras memiliki warna aksen tertentu, maka ada baiknya memilih bunga atau tanaman warna yang senada agar teras terkesan ringan dilihat.

Namun, apabila furnitur memiliki warna netral (misalnya putih, hitam, abu-abu, coklat, dan krem), maka belilah bunga dengan warna berbeda untuk memberikan kontras. Apabila ingin memakai beberapa turunan warna atau corak, batasi mencapai tiga warna agar teras tidak terlalu ramai.

Masih kekurangan inspirasi? Yuk simak tiga style dibawah yang bisa menjadi inspirasi!

A. Minimalis

Gaya minimalis pada umumnya mengutamakan komposisi yang minim dengan permainan warna dan pola. Nah, bagi orang yang tidak ingin menghias terasnya berlebihan, gaya ini sangat cocok untuk dipilih. Cukup dengan membeli satu pot bunga dengan warna yang kontras dengan desain warna teras, maka gaya minimalis sudah terpenuhi.

Bila warna bunga cenderung mencolok, pilih pot dengan desain dan warna yang netral. Sebaliknya, bila warna bunga cenderung kalem, pilih pot dengan desain dan warna yang mencolok namun tidak bertolak belakang dengan desain teras. Agar lebih menarik, letakkan bunga di tengah ruangan sebagai centrepiece.

Ide menata bunga di teras rumah dengan pot duduk dan pot gantung

B. Kebun Dinding

Tidak ada tempat untuk meletakkan tanaman? Manfaatkan dinding atau pagar terdekat! Memenuhi satu dinding dengan tanaman rambat akan meningkatkan kesegaran ruangan secara drastis dan pastinya tidak memakan banyak ruangan.

Ada beberapa cara untuk memenuhi dinding dengan tanaman, yaitu:

  • Membeli tanaman dan menggantungkannya pada dinding atau pagar. Penggantungan bisa dilakukan dengan memasang kawat tebal pada pot atau menggunakan plastik dan mengikatkan ujung mulutnya pada bagian yang dapat digantungi (Bila tidak ada, tanamkan beberapa tonggak di dinding).
  • Buat rak palet kayu untuk meletakkan tanaman. Buat palet sekreatif mungkin – palet bisa disusun diagonal, tumpang tindih layaknya tangga, atau dibuat untuk setiap tanaman secara individual.
  • Pilihlah tanaman rambat dan tanam di bagian atas dinding atau pagar. Lambat laun, tanaman tersebut akan memenuhi dinding atau pagar dan menjadikannya kebun dinding alami.

C. Artistik

Walaupun bunga dan tanaman dijadikan objek utama untuk menghiasi teras, kreatifitas tidak boleh dibatasi oleh hal tersebut. Pemilik juga dapat memberikan sentuhan-sentuhan artistik melalui aksesoris taman, misalnya:

  • Penggunaan pot yang menarik. Selain bunga yang indah, pot dengan desain menarik juga dapat dipadukan untuk menambah keindahan teras. Penggunaan pot dengan warna yang mencolok atau berbentuk unik bisa menambahkan kesan artistik. Bila ingin berhemat, menggunakan barang bekas untuk menggantikan pot juga dapat menarik perhatian para tamu.
  • Pasang figura di depan atau belakang tanaman. Figura akan mengulur fokus mata yang memandang tanaman dan meningkatkan kesan estetik yang diberikan. Cara ini sangat cocok apabila pemilik hanya memasang satu tanaman di satu tempat, khususnya bila dipasang di dinding.
  • Pemasangan patung. Patung seringkali digunakan untuk menambah keindahan taman. Maka, tidak heran menggabungkannya dengan tanaman di teras Anda terlihat sangat cantik.

Ide dekorasi teras rumah dengan pot tanaman bunga dengan meja santai

Memperindah teras tidak harus menguras biaya dan tenaga. Cukup dengan menata bunga sesuai dengan ruang yang tersedia, teras akan enak dipandang mata dan memberikan kesan baik bagi para tamu yang berkunjung. Jangan lupa untuk tetap kreatif dan manfaatkan benda sekitar untuk membuat taman mini Anda makin indah!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.