Cara Dan Tips Menata Dapur Ukuran Kecil/Minimalis

228

Banyak penghuni rumah yang menjejalkan terlalu banyak benda ke dalam dapur miliknya. Umumnya, para penghuni ini ingin mengikuti koki favorit mereka yang memiliki peralatan dapur lengkap. Sayangnya, pola pikir semacam ini akan mengganggu keseimbangan dapur. Mengapa demikian? Karena dapur kecil yang tampak penuh akan menyesakkan kita saat memasak di dapur.  Bagaimana dengan dapur kecil rapi, bersih dan minimalis? Berikut ini beberapa tips yang bisa diikuti.

1. Tips-tips Agar Dapur Rapi

Siapa bilang si penghuni rumah tidak bisa kehilangan perkakas masak di dapur kecil? Memang seharusnya semua peralatan dapat terlihat dengan baik, tetapi dapur yang berantakan akan menyulitkan si juru masak yang sibuk. Maka, kerapian ketika dan sesudah memasak tetap harus dijaga.

  • Penataan Barang

Untuk dapur minimalis, penataan barang sangatlah penting. Setelah meletakkan barang barang pada tempat strategis sesuai kegunaannya, si penghuni rumah sebaiknya menghafalkan posisi tersebut. Ketika memasak, kembalikan benda tersebut ke tempat semula. Demikian juga setelah membersihkan noda makanan yang tersisa. Hindari mencampur adukkan barang barang.

  • Meja Tambahan

Jika meja dapur yang ada dirasa kurang, maka si penghuni rumah bisa menambahkan meja pasang copot. Peralatan ini banyak dijual di toko perkakas rumah tangga. Meja tambahan ini biasanya digunakan untuk meletakkan bahan makanan yang akan dimasak.

  • Kotak Penyimpanan

Untuk barang barang kecil, kelompokkanlah dalam satu kotak penyimpanan besar. Sebagai contoh: kantong tersendiri untuk bumbu dapur dan peralatan untuk membersihkan dapur. Dengan demikian, si penghuni rumah dapat membersihkan bagian bawahnya dengan mudah. Tak perlu menggeser satu per satu, cukup mengangkat kotaknya saja.

  • Rak Tambahan

Ketika si penghuni rumah memiliki terlalu banyak perkakas dapur, maka rak penyimpanan tambahan harus dibuat. Pada dapur minimalis, penambahan rak yang paling memungkinkan adalah pada langit langit.  Pilihlah rak dengan bahan dasar kuat dan jangan lupa lengkapi dengan pengait. Gunakan rak tambahan ini untuk menyimpan panci dan penggorengan.

Desain modern dapur minimalis dengan rak warna cerah
Dapur minimalis modern

2. Tips-tips Agar Dapur Bersih

Tak ada yang lebih menjengkelkan dari dapur kotor, apalagi jika si penghuni rumah akan memasak untuk keluarga. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan dengan tips berikut

  • Segera Bersihkan

Peraturan mendasar yang tidak bisa ditawar lagi adalah membersihkan perkakas dapur segera setelah selesai memasak. Bila perlu, lakukan sembari menunggu masakan matang. Tempat cuci piring yang kotor akan memudahkan perkembangbiakan bakteri. Nantinya, area tersebut akan berbau tidak sedap  dan memiliki noda membandel yang sulit dibersihkan.

  • Tempat Sampah Ukuran Sedang Atau Besar

Satu hal yang tak boleh hilang dari dapur adalah tempat sampah. Sayangnya, ukuran dapur yang kecil tidak serta merta mengurangi ukuran sampah yang dihasilkan. Karena itulah, si penghuni rumah tetap harus menyediakan tempat sampah berukuran sedang atau besar. Letakkan tempat sampah ini di area yang tidak mengganggu ruang gerak ketika memasak

  • Penampungan Sementara

Jika jarak antara meja dapur dan tempat sampah cukup jauh untuk dijangkau dengan satu uluran lengan, maka si juru masak disarankan menggunakan penampungan sampah sementara. Tak perlu membeli peralatan baru, cukup memakai kantong plastik saja. Tempat ideal untuk meletakkan penampungan sementara ini adalah di dekat tempat cuci piring. Setelah selesai memasak, buang penampungan ini ke tempat sampah utama.

  • Wastafel Bersih

Karena keterbatasan tempat, biasanya dapur minimalis hanya memiliki satu bak cuci piring. Maka, proses persiapan bahan makanan dan pencucian piring kotor dilakukan disini. Dengan demikian, mencuci piring kotor saja tidak cukup. Si penghuni rumah disarankan membersihkan bak cuci piring juga. Tak perlu cairan pembersih terpisah, karena cairan pencuci piring pun sudah cukup membantu.

  • Perawatan Rutin

Tak hanya peralatan makan yang perlu dibersihkan dengan seksama. Peralatan memasak seperti panci dan penggorengan juga akan memiliki kerak di bagian belakang setelah digunakan memasak terus menerus. Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkan bagian ini secara rutin. Selain perkakas memasak, cek juga dinding dan langit-langit di area kompor!.

Dapur minimalis tertata rapi
Dapur minimalis tertata rapi

3. Tips-tips Untuk Dapur Minimalis

Memiliki dapur dengan ukuran kecil tidak menjadi satu satunya faktor dari sebuah dapur minimalis. Ada beberapa hal tambahan yang juga perlu diperhatikan.

  • Desain Blueprint

Ketika merencanakan pembangunan dapur minimalis, pastikan area tersebut dibuat seefisien mungkin. Model yang paling sering digunakan adalah siku L dan U. Dengan alokasi seperti ini, si juru masak akan bergerak dalam area garis tersebut. Jika penghuni rumah yang lain ingin membantu, masih ada ruang gerak yang tersedia.

  • Peralatan Penting

Jika si penghuni rumah sudah terlanjur membeli terlalu banyak perkakas, maka inilah saatnya untuk membuat daftar prioritas. Keluarkan semua peralatan dapur yang dimiliki. Kemudian, pilah barang yang selalu digunakan memasak setiap hari dan alat bantu masak yang hanya digunakan sesekali. Perhatikan juga ukurannya. Dapur minimalis lebih cocok menggunakan alat multifungsi daripada perkakas untuk satu kegunaan saja.

  • Furnitur Minimalis

Jika dapur minimalis si pemilik rumah juga berfungsi sebagai meja makan untuk keluarga, maka akan ada tambahan beberapa furnitur seperti kursi dan peralatan makan. Ketika memilih kelengkapan meja makan yang dibutuhkan, jangan lupa untuk memilih desain ringan dan berongga di bagian kaki. Kedua pola ini akan membantu memberikan kesan luas pada dapur minimalis.

  • Penerangan Dapur

Salah satu kekurangan dapur minimalis adalah si penghuni rumah tak bisa terlalu banyak bereksplorasi dengan cahaya di dapur. Untuk jenis dapur mungil ini, satu aturan mutlak adalah pencahayaan efektif dan terang. Tak perlu menggunakan bermacam warna. Lampu bohlam putih saja sudah cukup. Jika memungkinkan, cahaya dari jendela juga akan sangat membantu.

  • Single Sink

Untuk dapur ukuran besar, banyak penghuni rumah memisahkan antara tempat mencuci bahan makanan dan tempat membersihkan piring kotor. Jadi, setidaknya ada dua tempat mencuci. Karena dapur minimalis tidak memiliki ruang lebih, maka lebih baik memasang single sink. Jangan lupa menambahkan saringan pada lubang saluran air agar sisa makanan tidak ikut masuk.

  • Perkakas Di Dinding

Agar dapat memaksimalkan dapur minimalis, gunakan dinding di dekat area kompor untuk menggantungkan perkakas yang akan sering digunakan. Beberapa diantaranya adalah spatula, sendok sayur, saringan, pengocok telur dan masih banyak lagi. Pastikan untuk tidak meletakkannya tepat diatas kompor, terutama jika perkakas tersebut terbuat dari kayu.

  • Penyimpanan Efisien

Satu lagi tambahan untuk dapat bekerja cepat pada dapur minimalis. Intinya adalah bergerak sesedikit mungkin untuk mengambil benda yang diperlukan. Oleh karena itu, letakkanlah barang di area kerja masing masing. Sebagai contoh, jangan meletakkan rak piring terlalu jauh dari tempat cuci piring. Kemudian gunakanlah kabinet bawah di dekat kompor untuk menyimpan bumbu dapur dan sarung tangan anti panas.

Tak semua orang dapat memiliki dapur yang besarnya sama dengan ruang keluarga atau ruang tamu. Terkadang, ruang yang tersisa cukup terbatas. Meskipun demikian, si penghuni rumah dapat menerapkan banyak cara dan trik untuk membuatnya tetap nyaman. Kuncinya adalah menjaga kebersihan dan kerapian perkakas dapur sebelum dan sesudah memasak. Tertarik untuk mencoba?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.