Berbagai Ide Kreatif Agar Dapur Selalu Bersih dan Rapi

Image: thespruce.com
230

Dapur menjadi salah satu tempat yang harus ada dalam sebuah rumah karena dapur menjadi pusat aktivitas kegiatan rumah dengan intensitas yang tinggi. Dapur sendiri sangat erat kaitannya dengan tampilan yang berantakan karena seringnya penggunaan oleh pemilik rumah.

Pada area dapur, terdapat berbagai peralatan dan perlengkapan yang harus selalu dijaga kebersihannya dan kerapihannya. Oleh karena itu, berikut ini adalah berbagai ide dan tips agar dapur selalu terlihat bersih dan juga rapi.

1. Manfaatkan Lemari Penyimpanan

Seringkali kesalahan yang dilakukan oleh pemilik rumah adalah meletakkan berbagai alat dan perlengkapan di dapur meskipun sudah tidak digunakan lagi. Misalnya saja peralatan yang rusak atau perlengkapan yang tidak selalu dibutuhkan seperti cetakan kue, mixer, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, sebaiknya simpan peralatan serta perlengkapan yang tidak dibutuhkan pada lemari penyimpanan. Di dapur pastinya pemilik rumah menyediakan lemari untuk menyimpan alat-alat dan berbagi barang untuk dapur.

Pastikan jika lemari penyimpanan yang tersedia dimanfaatkan dengan baik untuk menyimpan peralatan dan perlengkapan tersebut. Jadi, daripada membiarkannya berserakan di daerah dapur padahal tidak lagi digunakan, simpan saja peralatan dan perlengkapan pada lemari penyimpanan.

Suatu saat ketika membutuhkan perlengkapan tersebut, pemilik rumah dapat dengan mudah menemukannya di lemari penyimpanan. Dengan demikian, selain barang-barang tersimpan dengan rapi dan tetap awet, dapur pun tetap terlihat rapi dan bersih tanpa barang-barang berserakan.

Lemari Dapur Menyimpan Peralatan yang tidak dipakai
Lemari Dapur Menyimpan Peralatan yang tidak dipakai

2. Kulkas Bukan Untuk Pajangan

Para pemilik rumah seringkali memanfaatkan kulkas sebagai tempat untuk menyimpan toples-toples atau perlengkapan lain di bagian atas kulkas. Selain itu, sudah menjadi hal yang umum jika kulkas penuh akan tempelan-tempelan catatan atau sekedar hiasan berupa magnet-magnet kulkas.

Namun, sayangnya jika kulkas dijadikan sebagai pajangan, dapur akan terkesan berantakan dan tidak bersih. Oleh karena itu, hindarilah penggunaan kulkas untuk pajangan dan segera buang segala catatan yang sudah tidak lagi digunakan. Memberikan hiasan untuk kulkas baik adanya hanya saja jangan terlalu banyak dan berlebihan.

Dapur rapi dengan kulkas yang bersih
Dapur rapi dengan kulkas yang bersih

3. Mengatur Penataan Barang Dengan Urut

Salah satu faktor penting dalam menjaga kebersihan dapur adalah menempatkan barang dan peralatan yang tepat di tempat yang tepat. Bayangkan saja jika tempat untuk mencuci piring letaknya berjauhan dengan lemari tempat menyimpan piring atau kompor yang letaknya berjauhan dengan tempat penyimpanan bumbu.

Selain kurang efektif, penempatan dan pengaturan barang yang kurang tepat cenderung akan membuat dapur terlihat kurang bersih. Maka, sebaiknya letakkan peralatan dapur dengan urutan yang logis misalnya saja penempatan peralatan memasak di dekat kompor agar memudahkan pemilik dapur ketika memasak.

Penataan perlengkapan dapur yang rapi dan menarik
Penataan perlengkapan dapur yang rapi dan menarik

4. Melakukan Penataan Barang Di Dalam Lemari Kaca

Sebagian dari pemilik rumah cenderung memilih lemari kaca untuk melengkapi dapur agar terlihat lebih indah dan menarik. Selain itu, lemari kaca akan lebih memudahkan pemilik rumah ketika mencari barang-barang yang dibutuhkan sewaktu berada di dapur.

Salah satu ide untuk membuat dapur terlihat tetap bersih adalah mengatur penataan barang di lemari kaca tersebut. Karena merupakan lemari kaca tentu saja barang-barang yang diletakkan akan terlihat dengan jelas meski hanya dari luar saja.

Oleh karena itu, janganlah meletakkan barang secara sembarangan tanpa pengaturan yang baik karena justru akan membuatnya terlihat tidak menarik. Dengan penataan yang rapi tentu saja akan memudahkan pemilik ketika mencari barang tertentu serta dapur akan tetap terlihat bersih dan terjaga.

Lemari kabinet dari kaca memberikan kesan dapur terlihat rapi dan menarik
Lemari kabinet dari kaca memberikan kesan dapur terlihat rapi dan menarik. Image: houzz.com

5. Memilah Barang Yang Diperlukan dan Tidak

Pada poin-poin sebelumnya, dianjurkan untuk pemilik rumah menyimpan barang-barang baik peralatan dapur dan perlengkapan dapur yang tidak sedang dipakai agar tidak membuat dapur terlihat berantakan. Namun, selain itu pemilik rumah perlu selektif dalam memilih peralatan dan perlengkapan yang diperlukan dan tidak diperlukan.

Jangan sampai barang-barang yang tersimpan terus tersimpan tanpa pernah digunakan kembali karena hanya akan menjadi tempat penumpukan debu dan bahkan dapat berjamur. Dampaknya, tentu dapur akan terlihat kotor.

Maka, perhatikan peralatan dan juga perlengkapan yang masih bermanfaat dan yang sebaiknya dibuang agar tidak membuat dapur penuh sesak dan kotor. Jika barang masih cenderung bagus, maka barang tersebut dapat dijual dengan harga yang lebih murah sehingga akan menguntungkan pemilik rumah.

6. Membuat Jadwal Kebersihan dan Memberikan Hadiah

Untuk ide kreatif yang satu ini akan sangat bermanfaat untuk pemilik rumah yang tinggal bersama keluarganya. Cara menjaga kebersihan dapur tentu saja dengan membuat jadwal kebersihan secara rutin setiap harinya dari hari Senin hingga hari Minggu secara bergantian.

Yang menarik disini adalah, libatkan anak-anak anda untuk terlibat dalam jadwal kebersihan dapur. Agar anak bersemangat, iming-imingi mereka dengan hadiah. Tidak perlu hadiah yang besar dan mahal, bisa dengan sebuah cokelat atau es krim sebagai bentuk apresiasi terhadap kerja keras mereka.

Dengan demikian, sang anak tentu akan merasa antusias untuk menjaga kebersihan dapur sesuai dengan jadwal kebersihannya. Lalu, lama kelamaan mereka akan menjadi terbiasa sehingga tentunya orang tua tidak hanya menanamkan kebiasaan yang baik tetapi juga kebersihan dapur tetap terjaga. Karena berawal dari iming-iming pastinya anak akan menjadi terbiasa dan kedepannya mereka akan melakukan tanggung jawab tanpa iming-iming hadiah lagi.

7. Mengembalikan Barang Ke Tempat Semula Setelah Pemakaian

Kebersihan dapur tentu akan terlihat dengan jelas dari penataan dapur apakah ada barang-barang yang berserakan dan apakah barang-barang tersebut kotor atau tidak. Maka, salah satu cara untuk menjaga kebersihan dapur adalah dengan mengembalikan peralatan dan perlengkapan dapur yang baru digunakan ke tempat semula.

Pastinya sebelum mengembalikan, peralatan dan perlengkapan tersebut sudah dicuci dengan bersih setelah pemakaian. Mengembalikan barang ke tempat semula bukan hal yang sulit bukan? Itulah mengapa jangan biarkan barang-barang berserakan di dapur terlebih dalam keadaan kotor setelah dipakai.

8. Menyediakan Perlengkapan Pembersih Dapur

Tidak semua pemilik rumah menyediakan perlengkapan pembersih dapur di dapur. Padahal perlengkapan tersebut akan sangat dibutuhkan ketika pemilik rumah hendak membersihkan dapur secara rutin.

Oleh karena itu, sebaiknya sediakan perlengkapan pembersih dapur baik berupa sabun, cream serbaguna dengan lap serta sikat yang dijadikan satu dan disimpan dibawah meja atau tempat lain yang dapat dengan mudah dijangkau ketika hendak membersihkan dapur.

Konsep dapur bersih minimalis
Konsep dapur bersih minimalis

Dengan menyediakan perlengkapan pembersih dapur, pemilik rumah tidak akan menunda pekerjaan membersihkan dapur karena perlengkapan yang dibutuhkan sudah ada di depan mata. Pemilihan perlengkapan pembersih dapur sebenarnya tidak harus banyak macam dan jenisnya, cukup sediakan satu pembersih dan alatnya tentu sudah cukup. Lalu, pastikan lap atau sikat yang digunakan selalu dibersihkan setelah penggunaan.

Menjaga kebersihan dapur bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Berbagai tips serta ide kreatif di atas tentu akan sangat membantu pemilik rumah untuk membuat dapurnya tetap terlihat indah. Mulailah dari hal yang sederhana agar dapur tetap terjaga.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.